STUDY CLUB Bersama Himpunan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi (HIMSI) UBSI

  • Penulis: Fernando B Siahaan, M.Kom
  • 05 Agustus 2020
  • dilihat: 2124

Ngobrol Online Penuh Inspirasi (NgOPI) ini diadakan pada tanggal 25 Juli 2020 dengan sub tema Coding is Cool (Ngoding itu menyenangkan), yang merupakan kelanjutan dari acara NgOPI dengan tema “Exploring Your Skill For Your Future During New Normal Era”. Kegiatan ini merupakan hasil diskusi dengan Bapak Sriyadi, M.Kom selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi yang menjadi mentor dengan instruktur saudara Bagas Feri Setya Budi (Ketua HIMSI) dan Virgian Akbar (Wakil Ketua HIMSI) dan saudari Putri Cahya selaku moderator jalannya acara. Bapak Sriyadi memaparkan alasan tema ini diambil pada study club ini adalah berawal dari pertanyaan mahasiswa bagaimana mempresentasikan aplikasi sebagai karya mahasiswa kepada user lain. Di Era physical distancing saat ini tentu tidak bisa dilakukan mahasiswa secara langsung.

HIMSI hadir untuk memberikan pengalaman aplikasi yang dihasilkan mahasiswa dapat dipergunakan oleh banyak user melalui media internet. Kolaborasi Bagas dan Virgin dalam mengarahkan dan memandu acara study club ini dengan menggunakan metode praktek langsung dengan aplikasi yang dimiliki oleh mahasiswa. Bagas mengatakan dalam pemaparan materinya untuk keberhasilan acara ini peserta diwajibkan untuk mempersiapkan software pendukung diantaranya database manajemen system, karya aplikasi yang dimiliki, jaringan internet, account gmail sebagai langkah awal registrasi pada layanan ngrok.com. Virgian sebagai mentor kedua memberikan contoh aplikasi perpustakaan (localhost) yang diakses peserta melalui jaringan internet. Para peserta tidak hanya mencoba akses namun diperbolehkan untuk melakukan create, read, update dan delete (CRUD). Study Cub ini selesai pada jam 11.30, pada sesi penutup moderator menyampaikan kepada mahasiswa untuk tetap semangat dan selalu meluangkan waktunya untuk hadir dan mengikuti kegiatan-kegiatan HIMSI lainnya. Semoga materi ini dapat memudahkan mahasiswa yang akan mempresentasikan/mendemonstrasikan aplikasi yang dibuat nanti pada semester 3,5 dan 7 khususnya kepada kakak-kakak kelas yang akan maju pada sidang skripsi dan tugas akhir tahun 2020.

Bagikan Berita ini

KEMAHASISWAAN UBSI


KEMAHASISWAAN UBSI


Portal Informasi Kemahasiswaan Universitas Bina Sarana Informatika. Organisasi Mahasiswa, Kompetisi, Event, Kegiatan Mahasiswa, Prestasi mahasiswa dan informasi tentang kampus.

INFORMASI


Rektorat :
Jl. Kramat Raya No.98, RT.002/RW.009, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10420, Indonesia

Telp : +62 813-9964-6190

Email : kemahasiswaan@bsi.ac.id

IG : @kemahasiswaan.ubsi

WEBSITE LAINNYA


e-Journal UBSI

Repository UBSI

e-Learning UBSI

e-Library UBSI

Ikatan Alumni UBSI

BSI Explore 2023

Copyright © 2024 - Kemahasiswaan Universitas BSI