Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) 2023

GEMASTIK atau Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, merupakan program Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Program ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya, baik ketika masih dalam masa studi maupun kelak sesudah lulus studi. Pada tahun ini GEMASTIK digelar untuk ke-16 kalinya dengan tema “TIK untuk Pembangunan Indonesia Maju dan Berkelanjutan”. Pelaksanaan GEMASTIK XVI akan dilaksanakan dengan metode daring sampai dengan babak penyisihan dan metode luring untuk babak final dan puncak acara. Pagelaran ini diselenggarakan bersama salah satu perguruan tinggi yang ditunjuk oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai penyelenggara.

Melalui GEMASTIK, kompetensi TIK mahasiswa Indonesia akan diuji dengan berbagai studi kasus pada masing-masing cabang/divisi lomba untuk menghasilkan solusi paling efisien dan efektif. Dari tahun ke tahun diharapkan tingkat persaingan di dalam GEMASTIK semakin meningkat yang menunjukkan bahwa di Indonesia terjadi peningkatan literasi TIK, khususnya di lingkungan perguruan tinggi. Pada tahun 2020 tercatat tidak kurang dari 2.869 tim yang berasal dari 171 Perguruan Tinggi se-Indonesia terdaftar pada 11 cabang lomba GEMASTIK XIII. Pada tahun 2021, GEMASTIK XIV terlaksana dengan diikuti oleh 3.164 tim yang berasal dari 235 Perguruan Tinggi se-Indonesia. Peningkatan dari tahun 2020 ke 2021 menunjukkan bahwa pengembangan inovasi TIK di berbagai perguruan tinggi Indonesia tidak mengalami hambatan di masa pandemi Covid-19.  

Pada penyelenggaraan tahun 2022, GEMASTIK XV diikuti oleh 2.577 tim yang berasal dari 193 Perguruan Tinggi pada 11 cabang lomba. Sekilas terlihat penurunan dari kepesertaan GEMASTIK 2021 ke GEMASTIK 2022. Namun sebenarnya penurunan tersebut disebabkan oleh pemberlakuan aturan baru pada kepesertaan GEMASTIK 2022 yang membatasi kepesertaan pada masing-masing divisi paling banyak adalah 10 tim terbaik dari setiap perguruan tinggi. Kepesertaan tim-tim terbaik pada masing-masing divisi merupakan hasil dari proses kuratorial dan seleksi internal di perguruan tinggi peserta. Kuratorial dan seleksi  tersebut diharapkan merupakan perwujudan dari penjaminan mutu dalam pembinaan kemahasiswaan yang berlangsung secara berkelanjutan di perguruan tinggi, sehingga juga memberikan dampak peningkatan mutu pada penyelenggaraan GEMASTIK.

Pada tahun 2023 ini, GEMASTIK XVI kembali diselenggarakan dengan 11 cabang lomba, diharapkan kepesertaan tim dan perguruan tinggi akan mengalami peningkatan yang berkelanjutan. Meskipun ketentuan kepesertaan tim perguruan tinggi masih mempertahankan perlunya dilakukan proses kuroatorial dan seleksi sebagai upaya penjaminan mutu, sehingga hanya memberangkatkan 10 tim terbaik dari setiap perguruan tinggi pada masing-masing divisi, namun perluasan cakupan perguruan tinggi untuk dapat mengikutsertakan seluruh perguruan tinggi Indonesia yang terdaftar di PDDIKTI, diharapkan GEMASTIK akan menjadi pesta raya literasi TIK seluruh mahasiswa Indonesia yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Kegiatan perlombaan dalam GEMASTIK XVI dilaksanakan dalam 2 (dua) babak lomba untuk semua cabang/divisi lomba, yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final. Babak Penyisihan wajib diikuti oleh seluruh peserta pada setiap cabang/divisi lomba. Babak Final diikuti oleh para peserta yang dinyatakan lolos pada Pengumuman Babak Penyisihan masing-masing cabang/divisi lomba. Babak Penyisihan dilaksanakan secara daring, dan Babak Final dilaksanakan secara luring dengan penyelenggaraan sesuai yang dijelaskan pada Aturan Pelaksanaan masing-masing cabang/divisi lomba.

GEMASTIK XVI menggelar 11 cabang/divisi lomba dalam bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), baik dengan format pertandingan maupun kompetisi karya. Berikut ini adalah 11 cabang/divisi lomba GEMASTIK XVI, yaitu:
1. Divisi I Pemrograman (Programming)
2. Divisi II Keamanan Siber (Cyber Security)
3.  Divisi III Penambangan Data (Data Mining)
4. Divisi IV Desain Pengalaman Pengguna (UX Design)
5. Divisi V Animasi (Animation)
6. Divisi VI Kota Cerdas (Smart City)
7. Divisi VII Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper)
8. Divisi VIII Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development)
9. Divisi IX Piranti Cerdas, Sistem Benam & IoT (Smart Device, Embedded System & IoT)
10. Divisi X Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development)
11. Divisi XI Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development)

Panduan Selengkapnya dapat dilihat di panduan gemastik 2023

https://kemahasiswaan.bsi.ac.id/homepage/download/dokumen/20230510132544-panduan-pagelaran-mahasiswa-nasional-bidang-teknologi-informasi-dan-komunikasi-gemastik-2023.pdf

 

  • Penulis axd
  • 10 Mei 2023
  • dilihat 1088

KEMAHASISWAAN UBSI


KEMAHASISWAAN UBSI


Portal Informasi Kemahasiswaan Universitas Bina Sarana Informatika. Organisasi Mahasiswa, Kompetisi, Event, Kegiatan Mahasiswa, Prestasi mahasiswa dan informasi tentang kampus.

INFORMASI


Rektorat :
Jl. Kramat Raya No.98, RT.002/RW.009, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10420, Indonesia

Telp : +62 813-9964-6190

Email : kemahasiswaan@bsi.ac.id

IG : @kemahasiswaan.ubsi

WEBSITE LAINNYA


e-Journal UBSI

Repository UBSI

e-Learning UBSI

e-Library UBSI

Ikatan Alumni UBSI

BSI Explore 2023

Copyright © 2024 - Kemahasiswaan Universitas BSI