Kompetisi Statistika Ria dan Festival Sains Data (Satria Data) tahun 2023

Kompetensi bidang statistika dan sains data pada era digital ini menjadi salah satu kompetensi utama yang harus dikuasai dalam membantu berbagai proses pengambilan keputusan berdasarkan data. Tidak sedikit tulisan para ahli dan praktisi yang menyebut bahwa statistician dan data scientist merupakan profesi yang paling dibutuhkan pada abad ini. Perkembangan teknologi informasi dan penggunaan berbagai tools digital oleh masyarakat mengakibatkan data tersedia dalam jumlah yang melimpah dan terus bertambah, serta dalam bentuk berbagai macam jenisnya.

Pada berbagai sektor, kita dapat melihat perubahan dan transformasi yang sangat cepat baik dari cara menjalankan organisasi, maupun cara merespon dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder. Data menjadi bagian utama dalam proses tersebut, dan pemanfaatannya telah nyata dirasakan mampu memberikan perbedaan ke arah yang lebih baik.
Di tengah tingginya demand terhadap sumberdaya manusia dengan kompetensi statistika dan sains data, banyak sumber memaparkan bahwa ada kelangkaan talent yang ada di Indonesia. Ini menjadi potensi dan tantangan besar bagi perguruan tinggi di Indonesia untuk mengurangi gap antara kebutuhan dan ketersediaan sumberdaya manusia dengan kemampuan yang diperlukan.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi perlu mendorong terciptanya budaya dan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan kompetensi bidang ini. Banyak kajian dari pihak industri yang menyebutkan bahwa sumber daya manusia bidang ini termasuk yang kurang pasokan di tengah kebutuhan yang terus bertambah. Untuk itu, Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi perlu terus memberikan dukungan terhadap tumbuhnya program-program studi bidang statistika dan sains data di perguruan tinggi negeri dan swasta. Penyelenggaraan kegiatan Statistika Ria dan Festival Sains Data (SATRIA DATA) merupakan wujud dari dukungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi terhadap perkembangan keilmuan statistika dan sains data secara umum. Tidak hanya itu, kegiatan ini diharapkan juga mampu menjadi trigger bagi terjalinnya jejaring kerjasama antara perguruan tinggi dan industri terapannya.

Pada kegiatan ini, kerjasama antar perguruan tinggi serta antara perguruan tinggi dan industri terjadi mulai saat persiapan penyelenggaraan, pelaksanaan, hingga pasca penyelenggaraannya. SATRIA DATA menghadirkan perlombaan yang memungkinkan para peserta bergabung antar perguruan tinggi, menyelesaikan permasalahan nyata yang dihadapi oleh industri, serta membuka ruang kerjasama lanjutan bidang akademik dan bidang terapan setelahnya. Selain berupa kompetisi, kegiatan ini juga mencakup program peningkatan kemampuan peserta dalam bentuk pengembangan wawasan, pengayaan keterampilan, serta peningkatan softskill.

Semua ini selanjutnya dapat digunakan sebagai program credit earning bagi para mahasiswa yang mengikutinya, dan ini merupakan salah satu implementasi dari program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Berbagai hal tersebut di atas menjadi alasan utama bagi Balai Pengembangan
Talenta Indonesia untuk menjadikan kegiatan SATRIA DATA menjadi salah satu kegiatan nasional.

Panduan Lengkap Satria Data 2023

 

  • Penulis axd
  • 24 Mei 2023
  • dilihat 985

KEMAHASISWAAN UBSI


KEMAHASISWAAN UBSI


Portal Informasi Kemahasiswaan Universitas Bina Sarana Informatika. Organisasi Mahasiswa, Kompetisi, Event, Kegiatan Mahasiswa, Prestasi mahasiswa dan informasi tentang kampus.

INFORMASI


Rektorat :
Jl. Kramat Raya No.98, RT.002/RW.009, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10420, Indonesia

Telp : +62 813-9964-6190

Email : kemahasiswaan@bsi.ac.id

IG : @kemahasiswaan.ubsi

WEBSITE LAINNYA


e-Journal UBSI

Repository UBSI

e-Learning UBSI

e-Library UBSI

Ikatan Alumni UBSI

BSI Explore 2023

Copyright © 2024 - Kemahasiswaan Universitas BSI