Dosen dan Mahasiswa UBSI Berikan Sosialisasi Pengelolaan Manajemen Pada Koperasi UMKM.

  • Penulis: Irwin Ananta Vidada, SE, MM
  • 09 Oktober 2021
  • dilihat: 387

Koperasi Konsumen UMKM Naik Kelas. yang merupakan mitra kegiatan pengabdian masyarakat kali ini terbilang baru dibentuk, belum adanya pemahaman yang memadai mengenai koperasi dan bagaimana mengelola manajemen koperasi menjadi tantangan sendiri apalagi di tengah pandemi saat ini.

Mencermati hal ini, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) berupaya melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan mengusung tema Sosialisasi Tentang Pengoptimalan Pengelolaan Manajemen Pada Koperasi Konsumen UMKM Naik Kelas. yang merupakan kebutuhan bagi pengurus koperasi saat ini, Sabtu (09/10).

Kelompok pengabdian masyarakat ini terdiri dari dosen yang diketuai oleh Dedi Suharyadi, S.E., M.M dan beranggotakan Dr. Dede Suleman, S.E., M.M, Dr. Sabil, S.E., M.M, dan Irwin Ananta Vidada, S.E., M.M.

Dalam kegiatan ini, turut serta juga anggota kelompok dari mahasiswa yang dilibatkan dalam acara antara lain Fitri Ulvianah dan Silvilia Cahyaning Sekar Dewi. Mereka bertugas membantu semua pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat.

Dedi Suharyadi selaku ketua tim mengatakan, Kegiatan ini diharapkan memberi gambaran mengenai bagaimana pengoptimalan koperasi serta memberikan pemahaman tentang manajemen dalam tata kelola koperasi seperti ketentuan internal koperasi, berbagai kelemahan internal, kesempatan/peluang bisnis yang dimanfaatkan, hambatan/kendala bisnis yang diperkirakan akan mengganggu pencapaian tujuan koperasi..

“Khususnya bagi pengurus maupun anggota koperasi yang tergabung di Koperasi Konsumen UMKM Naik Kelas, Menteng,  Jakarta Pusat,” tutur Dedi, Sabtu (09/10).

Ia menyampaikan, mengingat suasana saat ini masih dilanda pandemi Covid-19. Maka bentuk pelaksanaan pengabdian masyarakat itu sendiri dilakukan secara daring melalui Zoom. “Meski demikian sejumlah perwakilan panitia tetap berada di lokasi bersama peserta acara dengan protokol kesehatan yang ketat di lingkungan Kadin Indonesia yang berlokasi di Jl. HOS. Cokroaminoto No. 122 Menteng, Kota Jakarta Pusat. Hal tersebut guna memudahkan melakukan upaya koordinasi antara peserta dan tim panitia lainnya,” ujarnya.

Ia memaparkan, “melalui pelaksanaan kegiatan webinar Sosialisasi ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai penerapan ilmu manajemen di dalam ruang lingkup koperasi dimana para anggotanya diberi tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan pengorganisasian, perencanaan, dan pengendalian sumber daya koperasi untuk mencapai tujuan koperasi.”paparnya.

“Hasil dari kegiatan ini diharapkan pengurus maupun anggota koperasi UMKM menjadi lebih sadar bahwa keberadaan koperasi memang diperuntukkan untuk memudahkan anggota dalam memajukan usaha dan memahami mengenai pentingnya manajemen dalam tata kelola koperasi, memberikan kemudahan dan pelayanan yang baik bagi anggota serta sarana pengembangan potensi dan kemampuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota,” pungkasnya.

Lanjutnya, “Upaya perubahan atau transformasi koperasi supaya lebih maju memerlukan teknologi dan upaya mengikuti  perkembangan zaman agar melahirkan koperasi modern. Koperasi modern merupakan koperasi yang menjalankan kegiatan dan usahanya dengan menerapkan tata kelola koperasi yang baik atau Good Cooperative Governance (GCG), memiliki daya saing, dan adaptif terhadap perubahan. Realiasai dari kegiatan ini agar koperasi mampu meningkatkan daya saing, manfaat, relevansi, dan integrasi ekonomi digital Koperasi”

Dengan adanya kemampuan manajerial koperasi ini, tentu dengan demikian maka mitra dalam hal ini anggota koperasi mulai dapat  memahami secara utuh mengenai manfaat koperasi, mengingat koperasi ini baru dibentuk. Selain itu dengan bertambahnya pengetahuan tentang tata kelola koperasi dan bagaimana pemahaman terhadap manajemen koperasi mampu menciptakan upaya perubahan atau transformasi koperasi agar lebih maju.dengan melakukan modernisasi koperasi agar dapat mengembangkan usahanya.

Di sisi lain dalam kesempatan acara, Irwin  Ananta selaku salah satu anggota tim pelaksana pengabdian masyarakat yang juga merupakan staf bidang kemahasiswaan UBSI menyambut baik dengan adanya keterlibatan mahasiswa beserta dosen Universitas BSI hadir secara sinergi bersama dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini. Terlebih lagi sasaran mitra kali ini merupakan koperasi UMKM yang menjadi tantangan tersendiri bagi para akademisi buat mencermati permasalahan-permasalahan nyata dunia usaha di lapangan.

“Tantangan bagi dunia usaha, terutama pengembangan Koperasi UMKM, mencakup aspek yang luas, antara lain: peningkatan kualitas SDM dalam hal kemampuan manajemen, organisasi dan teknologi, demikian pula kompetensi kewirausahaan, maupun kebutuhan akses yang lebih luas terhadap permodalan dan informasi pasar yang transparan,” ujar Irwin, Sabtu (09/10).

Ia menjelaskan, berikut adalah beberapa manfaat webinar Sosialisasi Tentang Pengoptimalan Pengelolaan Manajemen ini buat kedepannya diantaranya  semua anggota koperasi selaku mitra kegiatan Pengabdian masyarakat kali ini dapat merasakan manfaat terbentuknya koperasi UMKM tersebut, bertambahnya pengetahuan mitra berkaitan dengan pengelolaan manajemen koperasi dan terciptanya upaya perubahan atau transformasi koperasi menjadi lebih maju. Bagi tim kelompok pengabdian masyarakat dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas BSI selaku akademisi pun banyak pula mendapat masukan-masukan dan informasi tantangan-tantangan dunia usaha baru dari UMKM buat bahan analisa kedepannya, demikian bagi mahasiswa yang ikut membantu pun semakin bertambah wawasan dan mendapatkan pembelajaran berharga dari kegiatan ini.

Bagikan Berita ini

KEMAHASISWAAN UBSI


KEMAHASISWAAN UBSI


Portal Informasi Kemahasiswaan Universitas Bina Sarana Informatika. Organisasi Mahasiswa, Kompetisi, Event, Kegiatan Mahasiswa, Prestasi mahasiswa dan informasi tentang kampus.

INFORMASI


Rektorat :
Jl. Kramat Raya No.98, RT.002/RW.009, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10420, Indonesia

Telp : +62 813-9964-6190

Email : kemahasiswaan@bsi.ac.id

IG : @kemahasiswaan.ubsi

WEBSITE LAINNYA


e-Journal UBSI

Repository UBSI

e-Learning UBSI

e-Library UBSI

Ikatan Alumni UBSI

BSI Explore 2023

Copyright © 2024 - Kemahasiswaan Universitas BSI