Dosen dan Mahasiswa UBSI Karawang Menjadi Tuan Rumah Seminar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021.

  • Penulis: Irwin Ananta Vidada, SE, MM
  • 18 November 2021
  • dilihat: 234

Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi pada saat ini semakin terasa manfaatnya, Akan tetapi masih banyak dari kalangan masyarakat yang belum mengetahui manfaat tersebut. Melihat kondisi seperti itu maka dilakukan upaya-upaya untuk proses pemerataan teknologi informasi khususnya untuk percepatan teknologi di dunia digital. Adapun 5 langkah percepatan transformasi digital yang disampaikan oleh presiden republik indonesia sebagai berikut:

  1. Segera lakukan percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital dan penyediaan layanan internet.
  2. Persiapkan roadmap transformasi digital di sektor-sektor strategis. Baik sektor pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial, pendidikan, kesehatan, perdagangan, industri, maupun penyiaran.
  3. Percepat integrasi pusat data nasional.
  4. Siapkan kebutuhan SDM talenta digital
  5. Yang berkaitan dengan regulasi skema pendanaan dan pembiayaa segera disiapkan secepat-cepatnya.

Kelima langkah kekominfo menanggapinya dengan sangat baik. Kekominfo berusahan mengoptimalkan dengan membuat literasi digital yang memiliki target dari 2021-2024 agar dapat menyentuh masyarakat 50 juta mendapatkan literasi digital.

Universitas Bina Sarana Informatika Karawang mendapatkan kesempatan sebagai tuan rumah pada Seminar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021. Kegiatan seminar tersebut dilakukan pada hari Selasa 16 November 2021 melalui Zoom Meeting. Seminar Gerakan Nasional Literasi Digital dihadiri sekitar 270 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen Universitas Bina Sarana Informatika. Acara seminar dibuka pada pukul 09:00 oleh Puti Shasty selaku moderator. Narasumber-narasumber yang dihadirkan pada seminar tersebut yaitu : Hasan Basri, S. Kom, M. Kom Dosen Universitas Bina Sarana Informatika membawakan materi di Pilar Budaya Digital, Muhamaad Miftahun Nadzir membawakan materi di Pilar Etika Digital, Lim Sau Liang membawakan materi di pilar Keamanan Digital, Evan Semuel Hizkia Kano membawakan materi di pilar Kecapakan Digital. 4 pilar materi digital disampaikan dengan jelas dan sangat mudah dipahami oleh peserta. Acara seminar Gerakan Nasional Literasi Digital semakin lengkap dengan menghadirkan Key Opinion Leader yaitu Aflahandita seorang Fashion Entrepreneur & Enthusiast.

Pada sesi terakhir acara semakin dihangatkan dengan adanya tanya jawab dari peserta kepada narasumber. Pertanyaan-pertanyaan menarik terjawab oleh narasumber – narasumber yang ahli dibidangnya. Sesi tanya jawab dan disambung oleh pengumuman doorprize untuk peserta yang beruntung.

Semoga dengan diadakan kegiatan seminar Gerakan Nasional Literasi Digital ini terus menginspirasi masyarakat luas tentang pemanfaat Digital di era saat ini. (HHI)

Bagikan Berita ini

KEMAHASISWAAN UBSI


KEMAHASISWAAN UBSI


Portal Informasi Kemahasiswaan Universitas Bina Sarana Informatika. Organisasi Mahasiswa, Kompetisi, Event, Kegiatan Mahasiswa, Prestasi mahasiswa dan informasi tentang kampus.

INFORMASI


Rektorat :
Jl. Kramat Raya No.98, RT.002/RW.009, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10420, Indonesia

Telp : +62 813-9964-6190

Email : kemahasiswaan@bsi.ac.id

IG : @kemahasiswaan.ubsi

WEBSITE LAINNYA


e-Journal UBSI

Repository UBSI

e-Learning UBSI

e-Library UBSI

Ikatan Alumni UBSI

BSI Explore 2023

Copyright © 2024 - Kemahasiswaan Universitas BSI