HIMARAN Universitas BSI Sukses Menyelenggarakan Workshop “Good CV, Good Interview, Good Career”

  • Penulis: Inggit Dessy Susanti
  • 18 Juli 2022
  • dilihat: 558

Sabtu 16 Juli 2022, Himpunan Mahasiswa Administrasi Perkantoran (Himaran) Universitas BSI menyelenggarakan workshop secara daring dengan mengusung tema “Good CV, Good Interview, Good Career”. Kegiatan yang dihadiri oleh lebih dari 100 peserta ini membuat banyak peserta sangat antusias dengan materi yang diberikan oleh Diella Amanda Prasetyo, S.Sos selaku pembicara workshop kali ini. Diella Amanda Prasetyo merupakan seorang marketer dan career content creator.

Kegiatan ini berlangsung dengan menggunakan platform media zoom cloud meeting pada pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WIB. Diawali dengan pembukaan oleh Yuanita Azzahra dari Divisi Keilmuan Himaran sekaligus selaku pembawa acara (MC) dalam kegiatan ini. Selanjutnya, sambutan oleh Ghaida Maulida Fitri selaku Ketua Pelaksana dan sambutan oleh Ibu Inggit Dessy Susanti S.AB. M.A. selaku Pembina Himaran. “Curriculum Vitae (CV) dan surat lamaran kerja menjadi kesan pertama yang dilihat oleh perusahaan saat merekrut karyawan baru. Selain itu, tahap wawancara kerja merupakan tahapan penting yang harus disiapkan, bahkan menjadi penentu diterima tidaknya di suatu perusahaan, semoga dengan adanya kegiatan workshop Good CV Good Interview Good Career ini dapat membuat teman-teman semuanya paham bagaimana menyusun Curriculum Vitae (CV) yang baik dan benar, yang menarik dan kreatif, serta sebagai wadah untuk berlatih dalam menghadapi interview kerja”, tutur Ibu Inggit dalam sambutannya.

Selanjutnya, pada sesi pemaparan materi, Diella menjelaskan mengenai perbedaan dari Resume dengan CV. Ia juga menjelaskan mengenai CV ATS Friendly dan CV Creative, kemudian memberi tahu kepada peserta jika peluang lolos, tidak hanya ditentukan oleh ketepatan jenis CV yang dibuat, tetapi ditentukan oleh isi yang tercantum pada CV. Tak hanya itu, Diella juga memberikan contoh bagaimana cara penyusunan CV yang benar yang dapat dilirik oleh seorang Recriuter/HRD, juga memberikan tips and trick dalam menghadapi interview kerja dan menjawab seputar pertanyaan-pertanyaan pada saat interview kerja.

Di tengah-tengah acara, dibuka sesi untuk mereview atau membedah CV yang sudah dimiliki oleh peserta. Setelahnya, dibuka sesi tanya jawab untuk seluruh peserta, banyak sekali peserta yang bertanya, seperti “Bagaimana tanggapan Kak Diella mengenai menuliskan keahlian dengan presentase misalnya memiliki keahlian dalam Microsoft Office 80?n bagaimana cara menuliskan keahlian kita agar lebih valid dan jelas?” tanya seorang peserta atas nama Rama Aryotejo. “Lebih baik untuk tidak melakukan hal tersebut karena dengan adanya persentase bagan-bagan seperti itu bukanlah suatu hal yang objektif yang bisa dinilai akurasinya. Contoh penilaian yang dapat dicantumkan seperti TOEFL atau TOEIC, jika memang ingin mencantumkan persentase tersebut maka harus mencantumkan bukti nyatanya seperti sertifikat dari test yang pernah kita ikuti” ujar Diella

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat oleh Annisa Ramadhani selaku Ketua Himaran kepada Diella Amanda Prasetyo. Kemudian, dilakukan sesi dokumentasi atau foto bersama dan juga pengisian link absensi. Acara berakhir dengan pembacaan doa dan mengucapkan hamdallah.

Diharapkan dengan diadakannya workshop Good CV Good Interview Good Career ini dapat memberikan manfaat berupa gambaran bagi mahasiswa dan masyarakat umum yang akan melamar pekerjaan.

Bagikan Berita ini

KEMAHASISWAAN UBSI


KEMAHASISWAAN UBSI


Portal Informasi Kemahasiswaan Universitas Bina Sarana Informatika. Organisasi Mahasiswa, Kompetisi, Event, Kegiatan Mahasiswa, Prestasi mahasiswa dan informasi tentang kampus.

INFORMASI


Rektorat :
Jl. Kramat Raya No.98, RT.002/RW.009, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10420, Indonesia

Telp : +62 813-9964-6190

Email : kemahasiswaan@bsi.ac.id

IG : @kemahasiswaan.ubsi

WEBSITE LAINNYA


e-Journal UBSI

Repository UBSI

e-Learning UBSI

e-Library UBSI

Ikatan Alumni UBSI

BSI Explore 2023

Copyright © 2024 - Kemahasiswaan Universitas BSI