Launching BSI DIGINATION 2023 Dalam Rangka Menyambut HUT BSI ke 35

Launching BSI Digination 2023 di BSI Convention Center Bekasi, Selasa (22/11). BSI Digination 2023 diluncurkan dalam rangka menyambut perayaan Hari Ulang Tahun ke-35 BSI sebagai kampus digital kreatif. BSI Digination 2023 menghadirkan lima kegiatan unggulan, yakni BSI Explore, BSI DiginoFest, PIKMI (Pagelaran, Inovasi & Kreativitas Mahasiswa Indonesia), BSI Flash (Festival & Lomba Antar Siswa Sekolah) Indonesia & BSI Games.

Kegiatan tersebut mulai diselenggarakan pada November 2022 sampai puncak awarding pada Mei 2023 mendatang. Wakil Rektor II Bidang Non-Akademik Universitas BSI sekaligus Ketua Pelaksana BSI Digination 2023 Suharyanto hadir bersama Penanggung Jawab Diginofest Fuad Nurhasan, Koordinator Kegiatan BSI Flash dan BSI Games Achmad Baroqah, Koordinator PIKMI Suryanto, dan Koordinator BSI Explore Ade Suryadi. Suharyanto menjelaskan, kegiatan tersebut digelar secara serentak di 30 kampus Universitas BSI yang berada di 20 kota, tersebar di enam provinsi di Pulau Jawa dan Kalimantan. Kegiatan tersebut bisa diikuti oleh para pelajar, mahasiswa, alumni, hingga masyarakat umum. “Kami ingin semua stakeholder kampus dapat turut serta dalam momentum ini. Merasakan kegembiraan, keceriaan, kebersamaan dan kompetisi bersama kami dalam perayaan HUT BSI Ke-35, Latar belakang dalam rangka HUT BSI ke-35 di usia BSI ke 35 berupaya untuk menyapa dan mengajak seluruh masyarakat yang ada di Indonesia, yang ada di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, Yogyakarta, dan juga ada di Kalimantan Barat,” tutur nya.

Launching BSI Digination 2023 juga dihadiri Oleh Rektor Universitas Bina Sarana Informatika yang memberi sambutan kepada para peserta "Kegiatan BSI Digination 2023 diharapkan dapat memberi makna di semua elemen, dan semakin mendekatkan BSI di masyarakat, siswa sekolah, mahasiswa, dan masyarakat umum". Dari kelima kegiatan ada event yang menarik yaiut BSI Explore 2023 yang merupakan kegiatan pembelajaran dan pengabdian yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa Universitas BSI untuk belajar di luar kampus dalam jangka waktu kurang lebih 3 minggu. Mereka akan menjelajahi dan menggali potensi 35 Desa di 6 Provinsi, sesuai dengan jumlah usia BSI ke 35.
 

BSI Explore 2023, kata Ade Suryadi, merupakan kegiatan pengabdian BSI terhadap masyarakat di desa desa, dalam kegiatan itu ada 175 mahasiswa BSI yang akan menjadi guru di sekolah dasar (SD/SMP) di 35 desa yang ada di 6 provinsi dengan target kegiatan yaitu Pendidikan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Diginofest 2023 diselenggarakan untuk umum baik, pelajar SMA sederajat, alumni Universitas BSI, dan mahasiswa seluruh Indonesia dengan mengusung konsep Job Fair, Entrepreneur Fair, Sharing Session, Seminar, Workshop dan Games. Tutur Fuad

Menurut Ahmad Barokah Pohan “Untuk BSI Flash and Games, Flash itu singkatan dari festival dan lomba antar sekolah di Indonesia. Ada online dan offline tingkat SMA,” kata dia. “Jadi nanti peserta mengirimkan video dan akan dinilai juri yang profesional di bidang-nya masing-masing. Nanti ada preeliminary dan baru awarding. Preeliminary kita target di bulan Maret, dan awarding bulan Mei,” tutur nya.

Sedangkan, kegiatan PIKMI 2023 (Pagelaran Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa Indonesia), merupakan event kedua yang digelar tahun ini meramaikan HUT Universitas BSI. PIKMI terdiri dari sejumlah lomba, antara lain: pembuatan poster, program aplikasi, lomba pembuatan animasi, video/film pendek, lomba penulisan artikel, dan lain sebagainya. Event PIKMI diselenggarakan untuk mahasiswa perguruan tinggi swasta maupun negeri di Indonesia, baik jenjang diploma maupun sarjana. Tahapan kegiatan ini terdiri dari pendaftaran tim, unggah karya, penjurian, pengumuman finalis, final, dan awarding ceremony. "Event PIKMI ini, akan menjadi terobosan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kreativitas dan inovasinya," kata Suryanto.

Latar belakang terselenggaranya PIKMI adalah untuk mempersiapkan SDM yang unggul. Artinya, mahasiswa mampu beradaptasi terhadap kecepatan perubahan ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi, serta memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Event ini menjadi ajang silaturahmi antar mahasiswa seluruh Indonesia, meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan di kalangan mahasiswa serta menumbuhkan budaya akademik, inovasi, kompetisi dan kreativitas mahasiswa.

Adapun kegiatan BSI Games 2023 adalah wadah untuk membentuk rasa kebersamaan dan kebanggaan karyawan kepada kampus, melalui acara ini pula dapat membentuk lingkungan kerja sehat dan menyenangkan yang berdampak positif bagi setiap kreativitas karyawan saat bekerja. Suharyanto pun berharap para siswa dan mahasiswa, mendaftarkan diri untuk mengikuti event BSI Explore, BSI FLASH, PIKMI, Diginofest dan BSI Game.
 

  • Penulis iav
  • 25 November 2022
  • dilihat 48

KEMAHASISWAAN UBSI


KEMAHASISWAAN UBSI


Portal Informasi Kemahasiswaan Universitas Bina Sarana Informatika. Organisasi Mahasiswa, Kompetisi, Event, Kegiatan Mahasiswa, Prestasi mahasiswa dan informasi tentang kampus.

INFORMASI


Rektorat :
Jl. Kramat Raya No.98, RT.002/RW.009, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10420, Indonesia

Telp : +622121231170

Email : kemahasiswaan@bsi.ac.id

IG : @kemahasiswaan.ubsi

WEBSITE LAINNYA


e-Journal UBSI

Repository UBSI

e-Learning UBSI

e-Library UBSI

Ikatan Alumni UBSI

BSI Explore 2023

Copyright © 2022 - Kemahasiswaan Universitas BSI