KOMPETISI AKADEMIK GEMA AKSARA 2.0

  • Penulis: Atri Nodi Maiza Putra, SE, M.Ak
  • 26 November 2022
  • dilihat: 62

PRESS RELEASE

KOMPETISI AKADEMIK GEMA AKSARA 2.0

“Competitive fot The Creation of a Quality Generation to Advance The Indonesian Nation”

 

Dalam rangka melaksanakan salah satu program kerja Gebyar Lomba Akuntansi & Seminar Nusantara 2.0 (GEMA AKSARA 2.0), telah dilaksanakan kegiatan kompetisi akademik “Accounting Competition” oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKU UBSI). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 November 2022 pada pukul 09.00 – 13.40 WIB dan tanggal 27 November 2022 pada pukul 10.00 – 11.40 WIB secara daring via zoom cloud meeting dan quizizz. Kegiatan ini diikuti oleh 78 siswa dari SMK/SMA/Sederajat. Tujuan diadakannya kompetisi akademik ini, yaitu menciptakan siswa/i SMA/SMK/Sederajat yang kompetitif, berintegritas, serta professional di bidang akuntansi dan melatih, meningkatkan pengetahuan, serta mengukur kemampuan siswa/i SMA/SMK/Sederajat dalam memahami teori akuntansi.

Kegiatan kompetisi akademik “Accounting Competition” terdiri dari  tiga tahap, yaitu tahap babak penyisihan, semifinal, dan final yang terdiri dari LCC wajib dan rebutan. Pada hari pertama kompetisi, tanggal 26 November 2022, tahap babak penyisihan dan semifinal dilaksanakan. Para peserta mulai memasuki room zoom cloud meeting. Kemudian dilanjutkan pembukaan dan pembacaan ketentuan serta peraturan kompetisi akademik oleh Rahma Sarita, selaku MC. Pada pukul 09.35 WIB Babak 

Penyisihan pun dimulai, para peserta mengerjakan sebanyak 60 soal pilihan ganda melalui quizizz dalam waktu 40 menit. Setelah babak penyisihan selesai acara dijeda sementara untuk ishoma. Pada pukul 12.45 WIB kegiatan dilanjutkan kembali, diawali dengan MC yang mengumumkan 10 peserta dengan skor quizziz tertinggi yang lolos ke tahap semifinal. Berikut daftar nama 10 peserta yang lolos :

  1. Chersea Novelia (SMK Unggul Saktri)
  2. Arief Kurniawan (SMKN 22 Jakarta)    
  3. Ajeng Puja Aprilia (SMK 1 Pogalan)
  4. Silakumaro (SMK Unggul Sakti)
  5. Ayu Wulandari (SMKN 2 Pacitan)
  6. Sandy Ali (SMAN 65 Jakarta)
  7. Mohammad Benny Purwa Arifin (SMKN Darul Ulum Muncar)
  8. Aghisna Laidia Nur (SMKN Darul Ulum Muncar)
  9. Karina Puspita Sari (SMKN Darul Ulum Muncar)
  10. Shauma Rahma Rifani (SMKN 22 Jakarta)

Setelah itu, peserta yang tidak lolos diberikan waktu untuk keluar dari room zoom cloud meeting dan babak semifinal pun dimulai. Pada babak ini peserta mengerjakan sebanyak 40 soal pilihan ganda kembali melalui quizziz dengn waktu 30 menit. Babak semifinal selesai pada pukul 13.30 WIB. Selanjutnya Rahma Sarita, selaku MC memberikan informasi bahwa 5 peserta dengan skor quizizz tertinggi yang lolos tahap final akan diumumkan melalui grup WhatsApp lomba akademik oleh panitia. Setelah memberikan informasi MC mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang hadir. Kemudian menutup kegiatan lomba akademik untuk tahap penyisihan dan semifinal.

 

Tahap final kompetisi akademik dilaksanakan pada hari kedua kompetisi, tanggal 27 November 2022. Pada pukul 10.00 WIB, 5 peserta yang lolos ke tahap final memasuki zoom meeting. Lima peserta tersebut diantaranya :

  1. Chersea Novelia (SMK Unggul Saktri)
  2. Silakumaro (SMK Unggul Sakti)
  3. Ayu Wulandari (SMKN 2 Pacitan)
  4. Ajeng Puja Aprilia (SMK 1 Pogalan)
  5. Sandy Ali (SMAN 65)

Peserta Sandy Ali terlambat dalam bergabung ke ruang zoom cloud meeting lebih dari 10 menit dan didiskualifikasi. Digantikan oleh posisi setelahnya yaitu Arief Kurniawan. Selanjutnya Rahma Sarita, selaku MC membacakan ketentuan serta peraturan tahap final. Pada tahap final pertama, yaitu LCC wajib berdasarkan nama dari peserta yang lolos di spin untuk menentukan urutan dalam memilih nomor dan menjawab pertanyaan. Setelah tahap final pertama selesai panitia memberitahukan skor sementara yang didapatkan masing-masing peserta. Kemudian dilanjutkan dengan tahap final kedua, yaitu LCC rebutan. Pada tahap ini panitia membacakan pertanyaan dan peserta saling berkompetisi untuk lebih dahulu menjawab pertanyaan. Berikut adalah hasil akhir atau daftar pemenang dari tahap final kompetisi akuntansi:

  1. Juara 1                  : Chersea Novelia (SMK Unggul Saktri) dengan 580 poin
  2. Juara 2                  : Silakumaro (SMK Unggul Sakti) dengan 550 poin
  3. Juara 3                  :  Ajeng Puja Aprilia (SMK 1 Pogalan) dengan 250 poin

(Skor akhir merupakan gabungan dari skor LCC wajib dan rebutan)

 

            Setelah tahap LCC rebutan selesai MC memberikan informasi bahwa hasil akhir dari lomba yang sudah diberitahukan baru akan diumumkan secara resmi pada tanggal 1 Desember 2022 melalui instagram HIMAKU UBSI @himaku_ubsi, instagram GEMA AKSARA @gemaaksara.ubsi, dan melalui grup WhatsApp lomba akademik oleh panitia. Setelah memberikan informasi MC mengucapkan terima kasih kepada peserta yang sudah hadir. Kemudian menutup kegiatan lomba akademik tahap final.

            Sesuai dengan harapan, kegiatan kompetisi akademik yang berlangsung selama 2 hari berjalan dengan baik dan lancar sampai akhir acara. Walaupun terdapat beberapa kendala tetapi dapat teratasi dengan baik. Kami, Himpunan Mahasiwa Akuntansi UBSI, selaku pelaksana acara ini, berterima kasih kepada pihak yang sudah ikut serta dalam menyukseskan kegiatan kompetisi kali ini. Sampai jumpa di kompetisi akademik “Accounting Competition” berikutnya!

Bagikan Berita ini

KEMAHASISWAAN UBSI


KEMAHASISWAAN UBSI


Portal Informasi Kemahasiswaan Universitas Bina Sarana Informatika. Organisasi Mahasiswa, Kompetisi, Event, Kegiatan Mahasiswa, Prestasi mahasiswa dan informasi tentang kampus.

INFORMASI


Rektorat :
Jl. Kramat Raya No.98, RT.002/RW.009, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10420, Indonesia

Telp : +622121231170

Email : kemahasiswaan@bsi.ac.id

IG : @kemahasiswaan.ubsi

WEBSITE LAINNYA


e-Journal UBSI

Repository UBSI

e-Learning UBSI

e-Library UBSI

Ikatan Alumni UBSI

BSI Explore 2023

Copyright © 2023 - Kemahasiswaan Universitas BSI