Universitas BSI Gelar Pelepasan Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Batch 6 serta Kampus Mengajar Batch 7

  • Penulis: Irwin Ananta Vidada, SE, MM
  • 13 Februari 2024
  • dilihat: 177

Jakarta, 13 Februari 2024 - Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar acara pelepasan untuk Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 6 dan Kampus Mengajar Batch 7 pada Selasa, 13 Februari 2024. Acara ini diikuti oleh mahasiswa Universitas BSI dari seluruh Indonesia yang telah berhasil lolos dalam program ini.

Kegiatan pelepasan mahasiswa yang telah dinyatakan lolos seleksi Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Angkatan 6 dan Kampus Mengajar Batch 7 Tahun 2024 dilakukan secara hybrid melalui daring dan luring bertempat di Rektorat Universitas BSI. Rektor Universitas BSI, Prof. Dr. Ir. Mochamad Wahyudi, MKom, MM, MPd, IPU, Asean Eng, dalam sambutannya memotivasi mahasiswa untuk terus belajar. Beliau mengambil contoh dirinya sendiri yang selalu menjadi mahasiswa dari tahun 1993 hingga 2021 dengan menempuh pendidikan S1, S2, dan S3 di berbagai kampus dengan beragam bidang ilmu pada beberapa program magister dan program Doktoral yang berbeda-beda.

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memungkinkan mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama dua semester dan di luar program studi selama satu semester, yang merupakan hak mahasiswa. Sebanyak lebih dari 400 lebih mahasiswa BSI mendaftar untuk Kampus Mengajar Batch 7, namun hanya 72 orang yang berhasil lolos. Sedangkan untuk MSIB, sebanyak 1710 mahasiswa mendaftar, namun hanya 357 orang yang berhasil lolos.

Mahasiswa yang lolos dalam MSIB tidak perlu khawatir karena kegiatan belajar semester mereka digantikan dengan magang di industri. Rektor mengingatkan setiap angkatan MSIB dan kampus mengajar untuk menjaga nama baik almamater Universitas BSI dan mematuhi aturan yang berlaku.

Dalam acara yang berlangsung, Warek 1 Universitas BSI, Diah Puspitasari, M.Kom., turut memberikan informasi terkait pencapaian mahasiswa dan dosen dalam tingkat nasional. Disinggung kembali oleh beliau informasi  seputar 357 mahasiswa BSI yang lolos program MSIB Batch 6 serta sebanyak 72 mahasiswa BSI yang lolos dari Kampus Mengajar Batch 7, dengan 24 dosen pendampingnya yang juga berhasil lolos seleksi dalam meraih prestasi di tingkat nasional tersebut. Dalam sambutannya, Warek 1 mengungkapkan harapannya agar mahasiswa terus meningkatkan kemampuan mereka melalui berbagai program yang ada, serta bersiap untuk berperan aktif di tingkat nasional. Hal ini merupakan wujud komitmen Universitas BSI dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

Selain itu, Warek 1 juga berharap mahasiswa yang melakukan magang dapat mengkomunikasikan penghargaan atau proyek yang mereka dapatkan kepada PIC agar dapat diurus untuk publikasi dan artikel ilmiah, serta menjadikan proyek tersebut dapat dilanjutkan sebagai bahasan skripsi buat kepentingan si mahasiswa itu sendiri di masa mendatang.

Pada acara tersebut, masing-masing Penanggung Jawab Kegiatan (PIC) juga memaparkan laporan mereka mengenai progres dan pencapaian program yang mereka pimpin.

Rifky Permana, M.Kom, Koordinator PIC MSIB Universitas BSI, dalam laporannya menyampaikan bahwa sejak tahun 2021, Universitas BSI telah aktif berpartisipasi dalam Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Lebih dari ratusan mahasiswa dari Universitas BSI telah berhasil lolos dalam program ini. Rifky menekankan pentingnya bagi mahasiswa yang telah lolos MSIB untuk terus maju dan tidak mundur di tengah jalan. Menarik perhatian mahasiswa agar selalu memperbarui aktifitas mereka di Loqbook, platform yang digunakan untuk memantau kemajuan mereka dalam program ini. Rifky juga menyoroti bahwa mahasiswa yang menyelesaikan program MSIB memiliki peluang besar untuk mendapatkan lowongan kerja di berbagai perusahaan, terutama bagi mereka yang sudah mengikuti Program MBKM.

Sementara itu, laporan dari Abdusomad, M.Kom, Koordinator PIC Kampus Mengajar, menyebutkan bahwa sebanyak 72 mahasiswa berhasil lolos dalam Kampus Mengajar Batch 7. Abdusomad menyoroti antusiasme yang tinggi dari mahasiswa dalam mendaftar program ini. Abdusomad berharap agar mahasiswa yang telah lolos pada Kampus Mengajar Batch 7 tetap semangat selama tahap pembekalan dan proses koordinasi dengan dinas dan pihak sekolah. Meskipun proses pembekalan dalam program MBKM mungkin menantang, Abdusomad berharap agar mahasiswa tetap berkomitmen untuk mengikuti program ini dengan baik.

Dengan demikian, laporan dari kedua PIC tersebut menunjukkan keseriusan dan komitmen Universitas BSI dalam mempersiapkan mahasiswanya untuk mencapai kesuksesan di dunia akademik dan profesional.

Acara selanjutnya diisi dengan testimoni dari mahasiswa yang telah lolos program sebelumnya, dan ditutup dengan ramah tamah serta foto bersama sebagai kenang-kenangan.

Dengan acara ini, Universitas BSI berkomitmen untuk terus mendukung mahasiswa dalam pengembangan potensi dan karir mereka di masa depan serta tetap memperhatikan dan memberikan dukungan yang berkelanjutan bagi mahasiswa guna memperluas kedalam jaringan profesional dan menyediakan berbagai kesempatan pembelajaran dan pengembangan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri.

Bagikan Berita ini

KEMAHASISWAAN UBSI


KEMAHASISWAAN UBSI


Portal Informasi Kemahasiswaan Universitas Bina Sarana Informatika. Organisasi Mahasiswa, Kompetisi, Event, Kegiatan Mahasiswa, Prestasi mahasiswa dan informasi tentang kampus.

INFORMASI


Rektorat :
Jl. Kramat Raya No.98, RT.002/RW.009, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10420, Indonesia

Telp : +62 813-9964-6190

Email : kemahasiswaan@bsi.ac.id

IG : @kemahasiswaan.ubsi

WEBSITE LAINNYA


e-Journal UBSI

Repository UBSI

e-Learning UBSI

e-Library UBSI

Ikatan Alumni UBSI

BSI Explore 2023

Copyright © 2024 - Kemahasiswaan Universitas BSI