Pelatihan Optimalisasi Manajemen Bank Sampah: Solusi Inovatif untuk Lingkungan Bersih dan Tambahan Penghasilan Warga

  • Penulis: Irwin Ananta Vidada, SE, MM
  • 12 Mei 2024
  • dilihat: 79

Universitas Bina Sarana Informatika (Universitas BSI) merangkul peran aktif dalam pengabdian masyarakat dengan mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk memperbaiki manajemen sampah dan meningkatkan pendapatan warga. Dengan tema Pelatihan Optimalisasi Manajemen Bank Sampah Melalui Pendekatan Humanistik Sosial dan Tambahan Penghasilan Warga, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berkelanjutan dalam menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bank Sampah Sumang Satu RW.01, yang berlokasi di Jalan Sumur Mangga RT 06 RW 01, Larangan Ciledug, Kota Tangerang, menjadi fokus utama dari kegiatan ini. Bank sampah ini berperan penting dalam pengelolaan sampah di wilayahnya, namun masih menghadapi beberapa tantangan, seperti rendahnya partisipasi masyarakat dan kurangnya pemahaman akan manfaat dari bank sampah.

Melalui pendekatan humanistik sosial, tim pengabdian masyarakat dari Universitas BSI telah memberikan pelatihan kepada warga setempat pada tanggal 12 Mei 2024. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang jenis sampah, cara pengelolaan bank sampah, dan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

"Bank Sampah Sumang Satu bukan hanya tempat untuk mengumpulkan sampah, tetapi juga merupakan sumber pendapatan tambahan bagi warga," kata Tri Widyastuti, Ketua Pelaksana dari kegiatan ini. "Dengan optimalisasi manajemen bank sampah dan pendekatan humanistik sosial, kami berharap dapat meningkatkan kualitas lingkungan dan meningkatkan pendapatan warga setempat."

Selain memberikan pelatihan, kegiatan ini juga melibatkan evaluasi dan monitoring untuk mengukur dampaknya. Dengan melakukan kuesioner kepada peserta, tim pengabdian masyarakat akan mengevaluasi seberapa besar peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh peserta setelah mengikuti pelatihan.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat setempat, tetapi juga menjadi bagian dari upaya Universitas Bina Sarana Informatika dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat.

Ananto Krisna Wardhana, S.E., M.M., sebagai panitia yang bertanggung jawab terhadap isi materi pelatihan, mengucapkan terima kasih atas perhatian dan partisipasi aktif peserta. Materi yang disampaikan telah dirancang dengan cermat untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang topik yang dibahas. Minat dan antusiasme peserta dalam berdiskusi menunjukkan keseriusan kita dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk pengabdian masyarakat. Ananto juga menghargai masukan dari peserta untuk meningkatkan kualitas materi pelatihan di masa mendatang. Dia berharap materi yang disampaikan dapat memberikan manfaat nyata bagi peserta dalam peran mereka dalam pengabdian masyarakat, dan mendorong kolaborasi yang lebih lanjut untuk menciptakan perubahan positif. Terima kasih atas partisipasi dan kerjasamanya.

Selain itu panitia lainnya juga memberikan tanggapan atas keberlangsungan acara. Yudha Febri Al Paksi, S.Ikom., M.M., sebagai panitia yang bertanggung jawab atas perhitungan anggaran, mengungkapkan penghargaan yang mendalam kepada seluruh tim panitia dan pihak terkait atas kerjasama dalam menyusun anggaran ini. Dia berharap bahwa anggaran yang telah disusun akan menjadi dasar yang kokoh untuk keberhasilan dan manfaat yang besar bagi masyarakat yang dilayani. Yudha berterima kasih kepada seluruh tim yang telah berkontribusi dalam proses penyusunan anggaran ini. Pada kesempatan itu juga Irwin Ananta Vidada, SE, MM, sebagai anggota panitia dan staf warek bidang kemahasiswaan, menyambut dengan gembira keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat bersama dosen-dosen program studi. Ini menunjukkan semangat kolaboratif dan tanggung jawab sosial yang kuat dari mahasiswa dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Dengan partisipasi mereka, kami yakin bahwa program pengabdian masyarakat akan menjadi lebih bermanfaat dan berdampak luas. Terima kasih kepada semua mahasiswa dan dosen yang telah berperan aktif dalam upaya ini.

Bagikan Berita ini

KEMAHASISWAAN UBSI


KEMAHASISWAAN UBSI


Portal Informasi Kemahasiswaan Universitas Bina Sarana Informatika. Organisasi Mahasiswa, Kompetisi, Event, Kegiatan Mahasiswa, Prestasi mahasiswa dan informasi tentang kampus.

INFORMASI


Rektorat :
Jl. Kramat Raya No.98, RT.002/RW.009, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10420, Indonesia

Telp : +62 813-9964-6190

Email : kemahasiswaan@bsi.ac.id

IG : @kemahasiswaan.ubsi

WEBSITE LAINNYA


e-Journal UBSI

Repository UBSI

e-Learning UBSI

e-Library UBSI

Ikatan Alumni UBSI

BSI Explore 2023

Copyright © 2024 - Kemahasiswaan Universitas BSI