BEM FEB UBSI SUKSES ADAKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: BERSAMA MENCERDASKAN ANAK BANGSA 2024

  • Penulis: Slamet Heri Winarno, SE, MM
  • 10 Juni 2024
  • dilihat: 97

BEM FEB UBSI SUKSES ADAKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: BERSAMA MENCERDASKAN ANAK BANGSA 2024

 

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (BEM FEB UBSI) menjadi agen perubahan dan memberikan kontribusi nyata melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa Pengajaran di Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA) yang diselenggarakan pada tanggal 03-04 Juni 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bantuan langsung dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar khususnya bagi anak jalanan, mendorong semangat belajar dan memberikan inspirasi bagi peserta untuk meraih prestasi akademik yang lebih baik, mendorong minat belajar peserta dengan memberikan pendekatan yang menarik dan interaktif dalam proses pembelajaran, sehingga peserta lebih termotivasi untuk belajar.

Pembukaan oleh Master Of Ceremony (MC) Febi Maharani dan Jessyca Vionita. Jessyca Vionita membuka acara dengan memanjatkan Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat nikmat, rahmat, dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul pada acara Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Bersama Mencerdaskan Anak Bangsa” pada siang hari ini di Sekolah Alternatif Anak Jalanan yang dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 Juni 2024.

Pada hari pertama tanggal 03 Juni 2024, rangkaian acara meliputi menyanyikan lagu Indonesia Raya, Sambutan Kepala Sekolah, Sambutan Ketua Pelaksana, Sambutan Ketua Umum BEM FEB UBSI, Materi dan Kuis, Cerdas Cermat, Istirahat dan Makan Bersama, Prakarya Melukis Pot Kecil, Penyerahan Hadiah dan Dokumentasi, Penutupan, dan Foto Bersama.

Sambutan dari perwakilan Sekolah Alternatif Anak Jalanan “Ucapan terimakasih kepada BEM FEB UBSI yang telah mengadakan kegiatan belajar mengajar di Sekolah Alternatif Anak Jalanan semoga dapat berkelanjutan acara yang memberikan banyak manfaat” ujar Ibu nunung.

Sambutan Ketua Pelaksana “ini menjadi program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang pertama, Pengabdian Kepada masyarakat pembuka acara tahunan kami. besar harapan kami acara 2 hari ini memberikan manfaat secara jangka panjang, baik bagi anak-anak, volunteer, dan pengurus BEM FEB.” Ujar Windi Ayuningtyas

Sambutan Ketua Umum BEM FEB UBSI “Saya mewakili BEM FEB UBSI mengucapkan terimakasih kepada Seluruh donator yang sudah berpartisipasi dan mengucapkan terimakasih kepada Sekolah Alternatif Anak Jalanan yang telah diperizinkan nya kami dalam mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat. Pada siang hari ini saya sangat bangga dan bahagia dapat bertemu dengan adik-adik Sekolah Alternatif Anak jalanan memiliki paras yang cantik, ganteng, dan cerdas. Sedikit kata pengantar Tujuan FEB Mengajar untuk meningkatkan pengabdian mahasiswa serta tanggung jawab sosial dari mahasiswa untuk Masyarakat dan Implementasi apa yang telah dipelajari dari masa sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, hingga perguruan tinggi. Harapan FEB Mengajar adalah dapat memberikan dampak positif dalam sektor Pendidikan, dan memberikan ilmu serta keterampilan yang bermanfaat”. Ujar Muhammad Ramdhani Nugraha.

Materi dan kuis hari pertama tanggal 03 Juni 2024 berupa Pembelajaran Abjad yang disampaikan oleh Mahasiswa/i Prodi Administrasi Bisnis yaitu Salmah Nur Fauziah dan Alya Salma Ramadhanti. Rangkaian acara selanjutnya yaitu Cerdas Cermat berupa pertanyaan nama hewan, benda apa saja yang berada di ruang kelas dan nama buah berawal dari huruf “b”, dilanjutkan dengan istirahat dan makan Bersama, prakarya melukis pot kecil putih, penyerahan hadiah pemenang prakarya melukis pot, dan foto bersama.

Materi dan kuis hari kedua tanggal 04 Juni 2024 berupa Pembelajaran Penjumlahan yang disampaikan oleh Mahasiswa/i Prodi Administrasi Bisnis yaitu Salmah Nur Fauziah dan Alya Salma Ramadhanti. Rangkaian acara selanjutnya yaitu Vidio edukasi berupa Cara Menjaga Kesehatan Gigi. Rangkaian acara selanjutnya yaitu bercocok tanam, penyerahan cendera mata dan uang hasil donasi, foto bersama.

Pada penutupan acara, Master of Ceremony (MC) Febi Maharani dan Jessyca Vionita mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam suksesnya acara ini, khususnya kepada para pemateri dan peserta yang telah berpartisipasi dan sangat antusias dalam acara Pengabdian Kepada Masyarakat. “Terimakasih kakak” Ujar siswa/i Sekolah Alternatif Anak Jalanan

Kegiatan ini dihadiri oleh Ahmad Hasan Fadilah perwakilan dari MPM KM UBSI, Muhammad Raehan perwakilan dari BEM KM UBSI, dan Sabrilia Melda perwakilan dari BEM FTI UBSI turut hadir pula demisioner BEM FEB UBSI 2023. Dalam wawancaranya, Ahmad Hasan Fadilah mengatakan “kegiatan pengajaran ini sangat bagus karena berdasarkan Tridharma Perguruan Tinggi salah satunya ialah Pengabdian Kepada Masyarakat”.

Pengabdian Kepada Masyarakat ini berhasil meningkatkan siswa/i Sekolah Alternatif Anak Jalanan tentang literasi huruf dan angka, keterlibatan pengurus BEM FEB dan mahasiswa FEB secara optimal pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, meningkatnya kepedulian pengurus BEM dan mahasiswa FEB terhadap berbagai permasalahan sosial yang terjadi disekitar khusunya masalah anak jalanan dan pendidikan. Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi sektor pendidikan.

“Alhamdulilah rangkaian acara Pengabdian Kepada Masyarakat selama dua hari telah selesai dengan baik, keberhasilan acara ini tentunya tidak lepas dari kontribusi seluruh panita baik BEM FEB maupun Mahasiswa FEB yang terlibat. Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta dan pengurus Sekolah Alternatif Anak Jalanan yang telah mengikuti rangkaian acara selama dua hari dengan penuh semangat dan antusias. Semoga ilmu yang telah diberikan dapat diterapkan dengan baik”. Ujar Muhammad Ramdhani Nugraha selaku Ketua Umum BEM FEB UBSI.

Bagikan Berita ini

KEMAHASISWAAN UBSI


KEMAHASISWAAN UBSI


Portal Informasi Kemahasiswaan Universitas Bina Sarana Informatika. Organisasi Mahasiswa, Kompetisi, Event, Kegiatan Mahasiswa, Prestasi mahasiswa dan informasi tentang kampus.

INFORMASI


Rektorat :
Jl. Kramat Raya No.98, RT.002/RW.009, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10420, Indonesia

Telp : +62 813-9964-6190

Email : kemahasiswaan@bsi.ac.id

IG : @kemahasiswaan.ubsi

WEBSITE LAINNYA


e-Journal UBSI

Repository UBSI

e-Learning UBSI

e-Library UBSI

Ikatan Alumni UBSI

BSI Explore 2023

Copyright © 2024 - Kemahasiswaan Universitas BSI