Sebanyak 1.037 Mahasiswa UBSI Terima Bantuan UKT untuk Semester Gasal Tahun 2020/2021

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia sejak beberapa bulan terakhir menyebabkan dampak ekonomi yang meluas di berbagai lapisan masyarakat. Baik karyawan, wiraswasta, buruh, bahkan pedagang kecil mengalami penurunan penghasilan dikarenakan pandemi ini. Untuk merespon pandemi Covid-19, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan relaksasi UKT/SPP bagi mahasiswa melalui Permendikbud No 25 Tahun 2020 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi pada PTN di lingkungan Kemendikbud.

Untuk menjawab berbagai aspirasi masyarakat termasuk untuk memperkuat kebijakan penanganan dampak pandemi Covid-19 bagi pendidikan tinggi, maka pemerintah melalui Program KIP Kuliah telah mengalokasikan Bantuan UKT/SPP mahasiswa yang dapat dimanfaatkan mahasiswa PTN dan PTS dengan dasar keberpihakan kepada yang tidak mampu dan berkeadilan. Hal ini sekaligus membantu kondisi keuangan perguruan tinggi yang juga sangat terdampak pandemi Covid-19, terutama PTS yang sangat bergantung pada SPP mahasiswa.

Universitas Bina Sarana Informatika menjadi salah satu PTS yang mendapatkan alokasi kuota untuk menyalurkan Bantuan UKT bagi mahasiswanya. Sejumlah 1.037 mahasiswa UBSI telah menerima manfaat dari bantuan ini, berupa beasiswa pengurangan UKT sesuai alokasi yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Pengajuan bantuan ini dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswa UBSI semester 3, 5 dan 7 yang orangtua/penanggung biaya kuliah mengalami kendala finansial karena terdampak pandemi Covid-19 dan tidak sanggup membayar UKT semester gasal tahun akademik 2020/2021. Hal diatas dibuktikan dengan melampirkan surat pernyataan bahwa orangtua/wali/penanggung biaya kuliah mengalami kendala finansial karena terdampak pandemi Covid-19; serta bukti pendukung seperti kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), surat keterangan penghasilan, surat keterangan tidak mampu (SKTM) atau surat PHK orang tua/wali.

Dengan bantuan ini, banyak mahasiswa UBSI yang terbantu dan dapat terus melanjutkan kuliahnya di tengah pandemi Covid-19. Bahkan mahasiswa-mahasiswa yang telah mengajukan cuti kuliah pun membatalkan pengajuan cutinya dikarenakan bisa melanjutkan kuliahnya setelah mendapat bantuan UKT ini.

  • Update : 18 Oktober 2020
  • dilihat 1731

KEMAHASISWAAN UBSI


KEMAHASISWAAN UBSI


Portal Informasi Kemahasiswaan Universitas Bina Sarana Informatika. Organisasi Mahasiswa, Kompetisi, Event, Kegiatan Mahasiswa, Prestasi mahasiswa dan informasi tentang kampus.

INFORMASI


Rektorat :
Jl. Kramat Raya No.98, RT.002/RW.009, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10420, Indonesia

Telp : +622121231170

Email : kemahasiswaan@bsi.ac.id

IG : @kemahasiswaan.ubsi

Kemahasiswaan Universitas BSI